Niak 5,9% Secara Global, Penjualan Kia di Indonesia Malah Turun

0

JAKARTA – Kia Motors Corporation (KMC) berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 5,9% dibandingkan dengan tahun 2013. Secara global,  KMC telah mencatatkan penjualan sebanyak 2.907.757 unit kendaraan, Kia Rio menjadi penjualan terbanyak dengan 491.613 unit.

Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku pemegang merek mobil Kia di Indonesia mencatatkan penjualan yang tidak terlalu baik, dengan penjualan 8.936 unit pada tahun 2014. Situasi politik yang kurang kondusif, kenaikan harga bahan bakar dan nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah yang cendurung naik serta acuan suku bunga Bank Indonesia yang tinggi menjadi beberapa alasan yang membuat penjualan mobil tidak terlalu baik.

Berbeda dengan penjualan commercial vehicle Kia, selama tahun 2014 pabrikan asal Korea Selatan mengalami peningkatan sebesar 49.06% dibandingkan tahun 2013. Peningkatan ini disebabkan oleh penjualan yang meningkat terhadap kendaraan ambulans, niaga, pick-up dan minibus.

Selain itu, Kia juga berhasil meningkatkan penjualan kendaraan segmen hatchback, yakni Kia All New Rio sebesar 8%, meskipun menurut data Gaikindo, kendaraan yang mengisi segmen hatchback (kategori Car B) mengalami penurunan sebesar 19%.

Sementara itu, pada segmen city car, SUV, serta family car, penjualan KMI mengalmi penurunan angka penjualan karena alasan yang sama dan persaingan yang makin ketat di segmen tersebut. (MSH)

Read more:
HONDA
Sahabat Satu Hati Honda Bantu Korban Bantu Korban Banjir Garut

mobilmotor.co.id - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Sahabat Satu Hati menyalurkan 563 paket donasi untuk para korban musibah banjir...

Close