Komponen Tomat

0

Tomat bisa ditemukan pada sup, saus dan makanan Italia, tetapi peneliiti Ford dan Heinz, produsen saus tomat telah menemukan resep rahasia membuat komponen mobil dari tomat.

Produsen bumbu makanan tersebut tengah meneliti potensi dari sisa kupasan atau perasan tomat menjadi bahan pelais interior mobil. Seperti braket perkabelan, dan alas glovebox di dasbor.

Heinz telah lama berkutat untuk memanfaatkan sampah tomat seperti kulir, batang dan biji yang akan terbuang percuma ke tempat sampah sementara bahan lainnya menjadi saus. Banyaknya bahan terbuang tersebut hanya dari produksi saus tomat saja. Padahal paling tidak dua juta buah tomat diperlukan untuk hanya untuk produksi saus, tentunya akan terbayang berapa banyak bahan sisa yang dihasilkan.

Meski masih dalam pengembangan, dan bisa saja subyeknya berubah, tetapi proses dasar untuk membuat bahan plastik transparan dari tomat telah dilakukan. Sisa tomat akan dihancurkan dan dibentuk seperti bubur pulp, kemudian akan dibentuk menjadi pelet serat tomat. Pelet tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dicampur bahan lain.

Hasilnya, bahan tak berbau, meski selama proses, beberapa saksi menyebutkan baunya seperti pizza saat proses molding. (AFd)

Read more:
porsche
Facelift Porsche Boxster dan Cayman Akan Miliki Nama Baru

mobilmotor.co.id Stuttgart – Porsche telah mengumumkan facelift Boxster dan Cayman akan diluncurkan dengan nama baru, yakni Porsche 718 Boxster dan...

Close