Ford Knee Airbag

0

Banyak yang masih meragukan perlunya knee airbag dalam hal keselamatan berkendara, fungsinya hanya melindungi lutut dan tulang kering penumpang dari tumbukan keras dengan dasbor saat terjadi tabrakan.

Tetapi sebagai komponen tambahan, tentunya itu akan memakan ruang di mobil. Mengatasi hal tersebut seperti pada sportcar Mustang 2015, maka knee airbag untuk penumpang akan dibangun pada glove box.

Umumnya, knee airbag seperti airbag lainnya akan terdiri kantung kain yang mengembang dari bawah dasbor, dan dengan cepat membentuk balon di depan kaki penumpang. Tetapi di Mustang, kantung plastik diproduksi secara injeksi ditempatkan antara bagian luar dan dalam glovebox. Ketika tabrakan terdeteksi, kantung akan berkembang, menekan panel bagian luar menuju kaki penumpang. Ketika kaki penumpang tersentuh, daya hantam akan terdistribusikan merata, tentunya terserap juga oleh kantung.

Karena akan langsung menghantam kaki saat berfungsi, knee airbag Mustang tersebut mesti berukuran kecil dan berat seperti komponen serupa lainnya. Dan selain itu, saat beroperasi kantung tak butuh mengembang terlalu besar. Sebagai hasilnya, inflatornya hanya berukuran 75% dan beratnya hanya 65% dibandingkan knee airbag konvensional.

Ukuran kecilnya berarti pula airbag tersebut hanya butuh sedikit ruang di mobil, sehingga kabin lebih lega dibandingkan pendahulunya. Dan Mustang 2015 akan banyak memiliki airbag dibanding pendahulunya tersebut, dan tentunya sensor tabrakan. (AFd)

Read more:
IMG_2546
All New Kijang Innova Sudah Terpesan 5.780 Unit

mobilmotor.co.id Singaraja – Baru saja diluncurkan pada Senin, 23 November 2015 lalu. Hingga saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM)...

Close