Menekan Polusi Dengan Merawat Catalytic Converter

0

Catalytic converter atau konverter katalitik tampaknya sudah tak asing lagi bagi mobil produk terakhir sebagai upaya menjaga udara agar tetap bersih. Sebab dalam kondisi mesin bekerja yang normal pun polusi berupa gas berbahaya tetap dihasilkan. Konverter katalitik akan bekerja menguranginya dengan reaksi kimia ketika gas buang mengenai katalis yang ada, dan gas berbahaya tersebut diubah menjadi gas yang ramah lingkungan.

Saat ini konverter katalitik yang disediakan pabrikan bertipe three way catalytic, artinya untuk mengurangi bahaya 3 jenis gas buang dari kenalpot. Seperti NOx menjadi Nitrogen dan Oksigen, CO menjadi CO2, dan hidrokarbon menjadi Hidrogen dan Oksigen.
Perawatan konverter katalitik bukan hanya membersihkan komponen konverter itu saja, tetapi bisa saja menyeluruh seperti perawatan rutin mesin.

Misalnya saja jika sensor udara masuk (MAP atau MAF) bermasalah tentunya bahan bakar yang diinjeksikan pun berkurang yang menyebabkan mesin terlalu panas sehingga menghasilkan banyak NOx atau CO misalnya. Atau jika busi kotor tentunya pembakaran menjadi tidak sempurna dan akan dihasilkan hirdokarbon yang banyak.Emisi akibat pembakarn tak sempurna tersebut akan menyebabkan konverter tersumbat atau usia pakainya menjadi pendek. (AFd)

Read more:
13 (1 of 1)
Gelaran Lucas Oil Bali Offroad 2014

PT Pola Lubindo selaku distributor Lucas Oil menggandeng  Pemerintahan Kabupaten Buleleng, Bali dan beker­jasama dengan BOC, IOF serta IMI, menggelar...

Close