Jangan Salah Huruf, Bisa Bahaya

0

Kalau Anda pernah melewati tol Cipularang, pasti Anda pernah membaca spanduk yang isinya seperti ini; jalan tol bukan arena balap.  Peringatan itu ditujukan, karena di daerah kilometer 100-90 sering terjadi kecelakaan karena pengemudi tidak bisa mengontrol laju mobilnya. Jalan yang menurun dari arah Bandung memang lintasan yang enak buat melesat cepat.

Ada alasan tersendiri yang diberikan oleh pihak yang berwenang seperti Dinas Perhubungan atau Jasa Marga mengenai kecepatan maksimum sebuah mobil melintas di jalan raya maupun tol. Tidak lebih karena faktor keselamatan. Mereka sudah memperhitungkan seberapa cepat mobil boleh melaju dalam ambang batas safety. Melewati batas itu berarti resiko terjadinya kecelakaan akan bertambah besar.

Bukan saja masalah skill mengemudi yang dikhawatirkan. Tapi secara teknis, daya dukung kendaraan juga jadi berkurang. Misal, saat mobil melaju turun, dibutuhkan daya pengereman yang lebih besar dibanding saat mengerem di jalan datar. Hal ini juga berpengaruh pada jarak pengereman yang otomatis akan lebih jauh. Tak heran bila selalu ada rambu yang mengingatkan batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

Ternyata, bukan soal kecepatan saja yang diawali dari tenaga mesin yang diberi batasan. Kalau kita sadar, komponen yang ada di mobil pun punya batasannya sendiri. Misal ban. Setiap ban punya batas kecepatan dan tidak boleh dilanggar. Di luar dari kecepatan yang disyaratkan pabrikan, kita berada dalam zona bahaya. Bisa saja ban meletus, contohnya.

Pabrikan ban besar seperti PT Gajah Tunggal, selalu mencantumkan speed rating pada tiap produk yang dijualnya. Kode huruf yang mewakili batas maksimal kecepatan akan berbeda antar model.   Kodenya di mulai dari huruf M dan berakhir pada rating teringgi yang berkode Y atau ZR. Jadi kalau Anda melihat kode huruf di ban Champiro Eco pasti akan berbeda dengan kode huruf yang ada di Champiro HPY, misalnya. Champiro HPY yang berkode V-Y punya batas kecepatan lebih tinggi dari Champiro Eco yang berkode S-H.

Tentu dengan memahami kode kecepatan yang ada di ban mobil, kita jadi tahu mengenai daya dukung komponen yang melekat. Stop ugal-ugalan!

 

Speed Rating Km/jam
M 130
N 140
P 150
Q 160
R 170
S 180
T 190
U 200
H 210
V (VR) 240
W (ZR) 270
Y (ZR) 300
Read more:
20180324_113156
Asuka Akan Luncurkan Dua Produk Baru Pada IIMS 2018

mobilmotor - Bersamaan di hari jadi Asuka yang ke-2, Asuka memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu PTA-100 TV  dan A-CAST Smartphone Mirroring...

Close