Mesin Baru New Sportage

0

Selain menawarkan penampilan yang lebih stylish dan trendy, KIA Sportage generasi 3 yang baru saja menjalani program penyegaran ini juga dibekali  mesin generasi baru yang disebut Nu Engine. Pemilihan mesin generasi baru yang disebut  “Nu” untuk Sportage terbaru yang dirilis PT KIA Mobil Indonesia pada 23 April 2014 ini sejalan tuntutan konsumen  masa kini yang menghendaki efisiensi tanpa mengorbankan performa.

Dari segi teknis, mesin Theta II dan mesin Nu mempunyai jumlah silinder dan kapasitas yang sama (4 silinder dan 2,0 liter). Mesin Theta II menganut ukuran diameter piston (bore) dan langkah piston (stroke) yang sama (86 mm x 86 mm). Tenaganya mencapai 166 ps (164 tk) pada 6.200 rpm, sedangkan torsinya sebesar 20,1 kgm (197 Nm) pada 4.600 rpm. Sedangkan  mesin Nu mempunyai ukuran diameter piston (bore) 81 mm dan langkah piston (stroke) 97 mm disertai tenaga 158 ps (156 tk) pada 6.500   rpm dan torsi 19,6 kgm (192 Nm) pada 4.000 rpm.

Menilik perbandingan tersebut,  mesin Nu menghasilkan  torsi  pada putaran lebih rendah. Sebaliknya,  mesin  Theta II yang dipakai Sportage sejak 2011 memproduksi  torsi pada putaran lebih tinggi. Alhasil  mesin Nu memiliki keunggulan dalam hal efisiensi yang lebih optimal dan performa yang lebih responsif. Karakter ini  memang cocok untuk pemakaian dalam kota, sesuai dengan peruntukan Sportage sebagai city SUV.  (HE)

Read more:
2015-toyota-corolla-3
Toyota Siapkan Edisi Khusus Corolla dan Camry

Bukan hanya menyegarkan penampilan Avalon model 2016, Toyota juga akan memperlihatkan edisi khusus dari Corolla dan Camry yang akan diperlihatkan...

Close