Truck Hybrid

0

Transmisi Canter Hybrid

Saat Tokyo Motor Show lalu, Dr. Albert Kirchmann, MFTBC President & CEO and Head of Daimler Trucks Asia mengklaim kalau truk Fuso Eco Canter Hybrid atau varian hybrid Colt Diesel kepala kuning, bisa menghemat 2.000 ribu liter solar per tahun di Jepang.

Ternyata Fuso Canter–yang dikenal di sini sebagai Colt Diesel kepala kuning, di Jepang sana telah menggunakan transmisi kopling ganda atau dual clutch tipe basah dan transmisi hybrid.

Dual-clutch yang dinamakan Duonic tersebut cara kerjanya mirip dengan dual-clutch lainnya. Dengan 6 percepatan, maka gir ganjil akan dikendalikan oleh sebuah rangkaian kopling multiplat, sementara gir genap akan dikendalikan rangkaian kopling multi plat lainnya. Saat gir pertama difungsikan maka gir kedua sebenarnya telah terhubung dengan kopling multiplat lainnya secara elektris. Sehingga perpindahan gir tidak akan ada hentakan dan berlengsung dengan cepat. Dan demikian seterusnya.

Sedangkan motor pada transmisi yang menghasilkan 40 kW dan 220Nm, tentunya akan menambah daya dorong saat Canter berbeban berat seperti saat mulai berakselerasi, menanjak atau berkecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Saat deselerasi, motor berubah menjadi generator. Menurut Kirscman, Eco Canter Hybrid mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 25% dibandingkan truk setara dengan sistem penggerak konvensional. Karena dengan torsi paduan motor-Diesel 3,0L sebesar 370Nm–pada Diesel konvensional rata-rata 200Nm, pengemudi tidak perlu menekan pedal gas lebih dalam karena telah dihasilkan ketika Canter mulai bergerak. Dengan paduan Duonic, kehilangan daya akibat jeda perpindahan¬† transmisi menjadi minim.

Read more:
IMG_0776 (HJSC) 1
Rio SB Raih Kemenangan di Seri Keempat Ajang Balap Honda Jazz Speed Challenge

mobilmotor.co.id -  Pembalap tim Honda Racing Indonesia, Rio SB berhasil meraih kemenangan di seri keempat ajang balap Honda Jazz Speed...

Close