Tips Untuk Kendaraan Anda Saat Musim Hujan

0

hujan

Musim hujan telah tiba, persoalan saat berkendara pun berubah, sebab alam kini yang berkuasa. Cuaca bisa berubah seketika, jalanan basah dan licin, visibilitas yang berkurang adalah persoalan-persoalan yang bisa mengubah pola berkendara. Saat itu keselamatan berkendara menjadi lebih krusial.

Mengemudi lebih awas terhadap situsi sekitar Anda menjadi tuntutan, termasuk reaksi pengemudi lain terhadap kondisi yang ada.

Mengurangi kecepatan, karena traksi ban terhadap jalan berkurang. Anda dituntut lebih lembut dan bertahap saat mengerem, mengendalikan dan mempercepat kendaraan. Saat itupun penggerak AWD dan ABS tidak bisa mengubah hukum-hukum fisika. Terutama saat melalui genangan air, kecepatan yang tinggi akan menyebabkan gejala aqua plannning.

Usahakan tidak melalui jalanan yang tergenang banjir, jika memungkinkan carilah jalur rute lainnya untuk mencapai tujuan Anda. Kecuali Anda dapat memperkirakan seberapa dalam genangannya, dan apakah tidak akan mengganggu mekanikal kendaraan. Tekan pedal rem dengan lembut, tetapi tidak sampai berhenti beberapa kali dengan maksud untuk mengeringkan rem, usai melalui genangan.

Sesuaikan kecepatan sapuan wiper kendaraan dengan derasnya hujan dan kecepatan kendaraan.

Waspadalah terhadap semburan air yang berasal kendaraan di depan. Anda mungkin akan kehilanngan pandangan untuk sementara, mengantisipasi hal tersebut dengan menyalakan atau meningkatkan kecepatan wiper Anda dan dengan melihat apa yang terjadi pada mobil di depan Anda. Waspadai hujan pertama setelah lama musim kering, air akan bercampur dengan minyak di jalan untuk menghasilkan permukaan licin. Berhati-hatilah sebab meskipun ban Anda baru, daya cengkram ban tak akan maksimal pada campuran air dan minyak tersebut.

Kurangi volume sistem audio dan matikan ponsel Anda. Berkendara di hujan lebat menuntut lebih banyak perhatian Anda daripada berkendara di jalan kering.

Pastikan wiper blades masih optimal sapuannya ditandai dengan tepi penyeka yang tajam dan tidak getas. Bersihkan wiper blades dengan kain lembab di sepanjang karet penyekanya lebih sering , lakukan sebalum melakukan perjalanan. Bersihkan permukaan luar kaca depan dan kaca jendela. Kemudian bersihkan semua kaca bagian dalam. Gunakan produk pembersih kaca yang direkomendasikan.

Pastikan bahwa lampu depan dan lampu belakang Anda bekerja dengan benar dan lensa batok lampu bersih. Pastikan kembangan ban masih tebal.

Saat cuaca basah, pengamatan Anda menjadi penting. Ketika visibilitas berkurang karena derasnya hujan dan genangan menjadi banjir, hanya Anda yang dapat mempertimbangkan untuk berhenti di tempat yang aman. Memang akan banyak waktu yang terbuang utnuk mencapai tujuan, tetapi menit-menit yang terbuang tak akan sia-sia ketika Anda selamat.

Read more:
porsche-rs60-spyder-boxster-1959
Identitas Legendaris

Pabrikan mobil sport jerman tidak tinggal diam. Porsche kabarnya sedang meracik model baru yang akan diposisikan di bawah Boxster. Tapi,...

Close