Indonesian Car of the Year 2013 Tahun ke-12

0

penjurian-icoty-2013

Pemilihan mobil terbaik tahunan terbesar di Indonesia kembali digelar. Tahun ini, mobilmotor Indonesian Car of The Year telah memasuki tahun yang ke-12.

Kesuksesan pengujian pada tahun-tahun sebelumnya membuat hasil mobilmotor Indonesian Car of The Year (ICOTY) semakin dipercaya oleh pembaca, konsumen mobil nasional, dan para agen pemegang merek (APM).

mobilmotor selalu menjaga integritas dan indepedensi pengujian sehingga hasil ICOTY selalu dipercaya. Hal ini didukung oleh data dari hasil-hasil pengujian yang terukur dan diperkuat dengan penilaian dari juri independen yang dimiliki oleh mobilmotor.

Penilaian didasarkan pada data objektif yang dihasilkan yang dapat mengungkap karakter setiap peserta. Semua pengujian yang dilakukan disaksikan langsung oleh auditor independen (IAPMO) untuk memastikan pengujian berlangsung sesuai prosedur dan standar ICOTY.

Tahun ini, ada 31 mobil dari 12 APM yang menjadi finalis yang diklasifikasikan dalam sebelas kelas. Selama pengujian, setiap mobil menggunakan bahan bakar nonsubsidi Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex. Tidak kurang dari 3000 liter BBM nonsubsidi yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil modern dipakai untuk semua keperluan penjurian dan pengujian selama ICOTY.

Sebelas kategori yang telah ditetapkan meliputi MPV, Medium MPV, City Car, Sedan, Small Sedan, Small Hatchback, SUV 4×2, Small MPV 1000-1400, Small MPV 1500, Small Hatchback 1200-1400, dan Eksibisi.

Selama lima hari pengujian, 17—21 Oktober 2013, di wilayah Sentul dan Sirkuit Sentul, Bogor, data-data yang diperoleh akan dolah dengan formula yang telah dibuat. Pada akhirnya, akan diketahui mobil yang keluar sebagai mobil terbaik tahun ini. Pengujian meliputi pengujian BBM, pengujian kabin dan visibilitas, Pengujian lampu dan pencahayaan, pengujian emisi, pengujian akselerasi, pengujian performa, serta pengujian audio.

Penjurian dilakukan oleh 6 juri independen, yaitu Yannes Martinus, Jimmy Lukita, Andre D.G., Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Henry Tho, Kemal Bachrie, serta satu juri yang merupakan jurnalis mobilmotor yaitu Heradiranto. Soehari Sargo masih menjadi Pembina Dewan Juri ICOTY 2013.

Read more:
Suzuki-Alivio-Concept-aka-Ciaz-debuts-at-2014-Beijing-Motor-Show
Konsep Terbaru Suzuki

Masih dari Beijing Motor Show 2014, seakan tidak mau kalah dari pabrikan mobil lainnya, Suzuki  memperlihatkan konsep sedan terbaru mereka....

Close